Pada masa sekarang ini seluruh kalangan masyarakat menggunakan media sosial sebagai bagian dari hidup kesehariannya, namun pada tiap platform memiliki karakter audiens masing-masing sehingga pasar yang ditawarkan juga semakin luas dan potensial. Terdapat satu hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan strategi pemasaran digital pada bisnis Anda yaitu dengan melaksanakan social media campaign.

Melalui campaign di media sosial Anda dapat meningkatkan performa sales dan tentunya ini perlu bantuan dari digital marketing agency seperti Ideoworks yang bisa memberikan solusi dan strategi dalam menjalankan campaign guna meningkatkan performa bisnis Anda menjadi lebih baik. Anda cukup memberikan arahan atau tujuan dari campaign tersebut, mulai dari isu apa yang ingin diangkat hingga hal yang berkaitan dengan brand perusahaan.

Campaign ini tentu akan sangat bermanfaat bagi pelaku usaha sebab setelah berjalan maka harapannya adalah brand awareness akan semakin meningkat. Namun, apakah Anda mengetahui keuntungan lain yang bisa didapatkan melalui campaign media sosial?

Mendapatkan loyalitas customer 

Pertama, akan ada peningkatan loyalitas customer pada brand Anda. Mengenai loyalitas ini tentu tidak mudah untuk didapatkan oleh sebuah brand. Misalnya, apabila target pasarnya adalah anak muda millenial, maka konten yang diproduksi harus menarik Hasrat mereka dan sesuai dengan trend yang ada di kalangan mereka saat ini. Selain itu, konten tersebut juga harus menyisipkan brand Anda sehingga tujuan pemasarannya bisa tercapai.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa customer milenial jauh lebih loyal daripada customer dengan demografi lain. Jadi, apabila suatu brand berhasil mendapatkan hati customer-nya maka campaign lain selanjutnya akan lebih mudah untuk dijalankan.

Strategi Pemasaran

Minim budget tidak menjadi masalah besar

Campaign media sosial merupakan strategi yang sangat efisien dan efektif sebab Anda hanya perlu bekerjasama dengan digital marketing agency seperti Ideoworks yang akan menjalan strategi campaign hingga berhasil. Campaign dapat dikatakan seperti investasi dengan biaya yang relatif murah daripada promosi melalui platform lain.

Saat pertama-pertama menjalankan strategi ini Anda dapat mengeluarkan biaya yang rendah dahulu untuk melihat dampaknya. Apabila audiens tertarik maka selanjutnya dapat melakukan improvisasi pada konten-konten berikutnya.

Brand awareness yang meningkat baik pada customer lama maupun baru

Campaign strategy ini akan memberikan dampak seperti banyaknya pengakuan terhadap brand Anda hingga lebih dikenal lagi oleh khalayak umum. Boosting dari KOL (Key Opinion Leader) atau social media influencers juga merupakan faktor yang mempengaruhi peningkatan brand awareness sebab target yang ingin dicapai akan lebih spesifik. Interaksi antara KOL dengan audiens brand Anda ini juga yang memberikan dampak yang signifikan pada keberhasilan campaign.

Campaign bisa menjadi landasan untuk menganalisa pasar

Selanjutnya, keuntungan yang akan Anda dapatkan dari campaign media sosial adalah Anda akan memiliki landasan atau bahan untuk melakukan analisa terhadap pasar. Setelah berhasilnya campaign maka langkah berikutnya adalah mencari tahu minat para customer, harapan pada produk tertentu, hingga hal yang tidak disukai. Melalui campaign tersebut Anda juga dapat mengetahui kepuasan pelanggan terhadap brand yang dibelinya.

Banyak keuntungan yang dapat diambil dari sebuah campaign selain menjadi salah satu strategi pemasaran pada sebuah brand. Dampaknya akan sangat terasa, baik secara engagement hingga peningkatan sales yang dapat dirasakan setelah campaign berlangsung ke depannya. Namun, ketika Anda akan menjalankan sebuah campaign akan lebih baik jika campaign tersebut dapat memberikan dampak positif pula pada masyarakat sehingga hal ini bisa menjadi hubungan timbal balik yang suportif antara brand dengan customer-nya.