best university in indonesia
best university in indonesia

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) di tahun 2021, Indonesia setidaknya memiliki sekitar 3.957 perguruan tinggi. Perguruan tinggi tersebut di bawah Kementerian Pendidikan, Kementerian Agama, maupun Kemendikbud Ristek. Dari ribuan universitas di Indonesia tersebut, UI atau Universitas Indonesia merupakan best university in Indonesia versi THE WUR (Times Higher Education World University Rankings). Tidak heran jika banyak sekali calon mahasiswa yang tertarik masuk ke kampus ini.

Apakah Anda salah satunya juga? Sebelum mendaftar ujian untuk masuk sebagai mahasiswa baru. Tidak ada salahnya Anda mengetahui fakta menarik mengenai kampus UI berikut ini:

Jumlah Fakultas dan Program Studi

Saat ini kampus menawarkan sebanyak 17 Fakultas yang terbagi atas berbagai jenjang pendidikan. Sementara Program Studi yang ditawarkan sebanyak 300 Program Studi. Dari 300 Program Studi tersebut ada beberapa yang hanya ada di kampus ini yaitu:

best university in indonesia
  1. Sastra Belanda

Program studi langka yang hanya ada di kampus ini adalah Sastra Belanda. Kebanyakan universitas lain di Indonesia memiliki jurusan Sastra namun dalam bahasa Inggris, Jepang, atau China. Namun kampus ini menawarkan Sastra Belanda yang tidak ditawarkan kampus lain. Anda yang tertarik menjadi mahasiswa Sastra Belanda bisa masuk melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan juga SIMAK.

  1. Kriminologi

Program Studi langka kedua yang ditawarkan untuk Anda adalah Kriminologi. Tidak ada kampus negeri maupun swasta lain yang menawarkannya. Program Studi Kriminologi berada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Hal yang dipelajari tentu saja berkaitan dengan bidang kriminologi yang terus terjadi. Peluang kerjanya juga banyak mulai dari lembaga kepolisian, pengadilan, kejaksaan, balai masyarakat, dan lain sebagainya.

Punya 2 Kampus

Sebagian besar kampus di Indonesia berada di kota yang sama. Namun keunikan kampus ini yaitu memiliki dua kampus yang berada di kota berbeda. Kampus utama berlokasi di Depok Jawa Barat. Sedangkan kampus keduanya berada di Salemba, Jakarta. Meskipun begitu, nyatanya kampus Depok lebih baru dibandingkan kampus Salemba yang sudah digunakan sejak lama. Kampus Salemba hanya digunakan untuk Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Pascasarjana saja.

Sangat Luas

Sebagai salah satu kampus paling luas di Indonesia, kampus ini memiliki luas mencapai 320 hektar. Namun tidak semuanya digunakan untuk kebutuhan belajar. Sebanyak 75% dari kampus adalah daerah hijau dan hutan kota. Karena termasuk kampus yang sangat luas, jarak antara gedung fakultas satu ke fakultas lainnya cukup jauh. Namun tenang saja, kampus menyediakan transportasi gratis berupa Bis Kuning dan Sepeda Kuning. Anda bisa menyewa Sepeda Kuning melalui aplikasi yang disediakan pihak kampus.

Punya Banyak Danau

Luas wilayahnya yang sangat lebar memungkinkan kampus ini memiliki banyak tempat-tempat menarik, salah satunya yaitu danau. Tidak hanya satu saja, bahkan ada banyak danau di kampus ini. Setidaknya ada 6 danau yang namanya jika diambil inisial membentuk kata “KAMPUS”. Nama danau tersebut yaitu Kenanga, Agathis, Mahoni, Puspa, Ulin, dan Salam. Menarik bukan?

Memiliki Perpustakaan Terbesar

Sebagai kampus terbaik di Indonesia, fasilitas belajar yang ditawarkan tentu saja sangat memadai. Salah satu fasilitas yang menunjang pendidikan yaitu perpustakaan terbesar se-Asia Tenggara. Koleksi bukunya lebih dari 1,5 juta buku. Jika ingin mencari buku, Anda bisa mengaksesnya melalui www.lib.ui.ac.id. Pasalnya tidak hanya untuk mahasiswa saja, perpustakaan ini dibuka untuk umum juga.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai Universitas Indonesia yang menjadi best university in Indonesia versi THE WUR. Anda bisa berjuang untuk masuk dan menjadi mahasiswa jurusan yang diinginkan dengan mengikuti jalur masuk yang ditawarkan. Informasi pendaftaran atau detail jurusan yang ditawarkan bisa dilihat di website www.ui.ac.id