Kreasi Nasi Goreng
Kreasi Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan salah satu makanan khas nusantara yang terdiri dari nasi yang digoreng dan dicampur dengan bahan-bahan lain seperti telur, daging, atau seafood seperti udang dan kerang. Saat ini ada banyak sekali kreasi nasi goreng yang bisa Anda jadikan sebagai menu masakan rumahan yang lezat.

Salah satu kreasi yang banyak disukai yaitu jenis resep nasi goreng seafood yang gurih dan lezat. Berikut adalah cara membuat nasi goreng seafood yang lezat dan mudah untuk Anda olah sendiri di rumah.

Bahan Pembuat Nasi Goreng Seafood

Pertama-tama, Anda persiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya. Bahannya terbagi menjadi dua jenis. Berikut ini kami jelaskan apa saja bahan-bahan yang harus Anda siapkan saat berencana untuk membuatnya.

1.   Bahan Utama

Ada beberapa bahan utama yang perlu Anda siapkan. Adapun bahannya yaitu 2 piring nasi putih (Anda bisa juga menggunakan nasi sisa dari makan malam sebelumnya), 250 gram udang yang sudah Anda kupas dan 250 gram kerang.

2.   Bahan untuk Bumbu

Kreasi Nasi Goreng

Bahan yang kedua yaitu bahan untuk melezatkan masakan, yaitu seperti 2 siung bawang putih yang sudah Anda cincang halus, 1 sendok makan kecap ikan, 2 sdt kecap manis, 1 sdt garam, 1 sdt merica dan minyak goreng secukupnya saja. Untuk tambahan Anda bisa menggunakan daun bawang dan irisan mentimun untuk garnish.

Cara Membuat Nasi Goreng Seafood

Setelah semua bahannya siap, silahkan Anda langsung saja membuatnya dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang putih hingga harum dan warnanya kekuningan.
  • Masukkan udang dan kerang ke dalam wajan. Goreng hingga kedua bahan tersebut sampai matang.
  • Masukkan nasi ke dalam wajan bersama dengan kecap ikan, kecap manis, garam, dan merica. Aduk hingga tercampur rata. Anda juga bisa menambahkan telur tapi bersifat opsional.
  • Masak nasi goreng seafood hingga matang dan semua bahan-bahan bumbu tersebut hingga tercampur rata.
  • Angkat nasi goreng dari api dan sajikan dalam piring. Garnish dengan daun bawang dan irisan mentimun sesuai selera Anda masing-masing.

Itulah kreasi nasi goreng dengan bahan seafood yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Cek berbagai resep masakan lezat lainnya hanya di situs Unilever Food Solutions.