bayi 4 bulan bisa apa

Si Kecil sudah memasuki bulan keempat sejak kelahirannya? Pasti sudah banyak perubahan yang terjadi pada tumbuh kembang mereka. Anda perlu mengetahui tahapan perkembangan bayi 4 bulan bisa apa agar mampu memberikan stimulasi terbaik. Tidak perlu berlama-lama, berikut adalah tahap perkembangan bayi 4 bulan:

1. Berat dan Panjang Badan

Berat badan bayi di bulan keempat meningkat sekitar dua kali lipat dibandingkan awal kelahirannya. Bayi perempuan umumnya sedikit lebih kecil dibandingkan bayi laki-laki. Berat badannya yaitu antara 5,1 sampai 8,1 kg. Sementara panjang badannya antara 58 sampai 66,2 cm. 

Sedikit lebih berat, bayi laki-laki usia 4 bulan umumnya memiliki bobot antara 5,6 sampai 8,6 kg, sedangkan panjangnya 60 sampai 67,8 cm. Jika masih berada pada rentang tersebut, maka perkembangan Si Kecil berjalan normal.

2. Kemampuan Motorik

Dari aspek motoriknya, bayi usia 4 bulan umumnya dapat mengangkat kepala sejajar dengan tubuh. Si Kecil juga bisa memakai tangan untuk menopang tubuhnya. Tangan dan kaki mampu bergerak secara bebas untuk mulai mengekspresikan diri.

Banyak gerakan-gerakan yang menjelaskan bahwa ia sedang bermain. Misalnya seperti menggerakkan tubuh, menghisap jempol kaki, mengangkat kaki, dan lain-lain. Walaupun belum bisa berdiri, namun bayi 4 bulan biasanya sudah bisa menginjakkan kakinya secara lurus.

3. Kemampuan Bicara

Di usia 4 bulan, bayi mulai mencoba untuk berkomunikasi dengan lingkungan. Bahkan Si Kecil terlihat seperti mengajak bicara Anda. Ada banyak kata tidak jelas muncul dari mulutnya atau istilahnya adalah babbling.

Tugas orang tua pada tahap ini adalah membantu mengembangkan kemampuan bicara. Sering-seringlah mengajak Si Kecil ngobrol. Walau tidak bisa memahami perkataan Anda, tapi mereka akan memperhatikan Anda. Membacakan buku juga menjadi salah satu cara meningkatkan kemampuan bicara.

Itulah tahap perkembangan bayi 4 bulan bisa apa saja. Setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Apabila ada masalah mengenai perkembangannya, segera bawa Si Kecil ke ahli. Selain itu, pastikan Si Kecil memakai popok yang membuatnya nyaman untuk bereksplorasi. MAKUKU SAP Diapers Pro Care adalah pilihan yang tepat untuk bayi usia 4 bulan.