cara pasang shower kamar mandi
cara pasang shower kamar mandi

Meskipun memiliki banyak jenis, pada dasarnya cara pasang shower kamar mandi relatif sama. Jadi, bagi Anda yang memutuskan untuk memasang shower sendiri, Anda tidak usah khawatir.

Tak hanya itu, cara pemasangan shower juga bisa mengikuti prosedur yang tertera pada kemasan produk yang sudah dibeli. Adapun beberapa cara yang biasanya diterapkan dalam instalasi atau pemasangan shower kamar mandi adalah sebagai berikut:

  1. Pertimbangkan lokasi penempatan shower

Meskipun kelebihan penggunaan shower yaitu tidak membutuhkan tempat yang luas, akan tetapi Anda harus tetap memperhatikan penempatannya agar nyaman dan leluasa. 

Tak hanya itu, karena shower tidak bisa dipindah-pindah lagi setelah dipasang, pastikan Anda memasangnya di tempat yang tepat, ya! Disarankan, shower dipasang tidak berdekatan dengan closet.

  1. Siapkan alat dan bahan

Dalam proses pemasangan shower mandi, ada beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan seperti pipa air T, stop kran air, pipa fleksibel, dan juga keran air.

Jika Anda menggunakan water heater, maka gunakanlah dua keran yang berbeda. Pastikan juga kran tersebut terbuat dari bahan yang tahan panas.

  1. Pasang pipa air dan stop kran

Jika semua komponen dasar sudah siap, selanjutnya pasang komponen tersebut pada area yang sudah disediakan kemudian pasang pipa air agar sumber air bisa terhubung dengan shower. Jangan lupa, tambahkan juga stop kran pada ujung pipa. 

  1. Rekatkan dengan Seal Tape

Untuk menghindari kebocoran atau rembes, rekatkan setiap saluran keran dan drat kran secara rapat dengan menggunakan seal tape

  1. Pasang pipa T

Pasang pipa T pada salah satu stop kran dan putar agar pemasangan erat. Selanjutnya, tambahkan pipa fleksibel pada ujung stop kran dan kencangkan menggunakan kunci inggris. 

  1. Sambungkan selang shower 

Langkah selanjutnya yaitu pasang selang shower dan tambahkan penggantung selang pada dinding agar gulungan selang tidak berantakan. 

  1. Finishing

Terakhir yaitu finishing dengan menutup dinding menggunakan semen lalu cat atau pasang keramik agar kamar mandi terlihat rapi dan shower pun bisa digunakan.

Bagaimana, mudah bukan? Untuk hasil terbaik, pastikan Anda memilih shower terbaik persembahan dari Kohler yang hadir dengan berbagai jenis, desain dan juga terbuat dari material-material terbaik. Semoga bermanfaat!