Salah satu bentuk persiapan menjelang acara pernikahan adalah menentukan pemilihan cincin nikah. Benda yang berbentuk bulat ini memang menjadi salah satu perhiasan yang dapat menjadi sebuah simbol ikatan cinta dan janji setia di antara kedua pasangan. 

Bagi Anda yang baru pertama akan membeli cincin pernikahan ini, tentu akan ada banyak sekali pertanyaan yang muncul. Seperti berapa biaya yang mesti dipersiapkan, bagaimana cara memilih model yang sesuai, dan lain sebagainya. 

Artikel ini akan mencoba mengupas tentang segala bentuk pertanyaan tersebut. Simak ulasannya di bawah ini. 

Berapa Besar Biaya yang Pantas Untuk Membeli Cincin Nikah? 

Dalam menentukan besarnya biaya yang pantas untuk membeli sebuah cincin nikah ini, berikut ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan. 

  • Diskusikan Dulu dengan Pasangan

Ketika akan membeli cincin pernikahan, penting untuk memiliki pemahaman bersama dengan pasangan Anda, terlebih dalam menentukan segi anggaran yang harus dikeluarkan. Dengan melakukan diskusi terlebih dahulu, setidaknya bisa menghindari hal-hal yang sebenarnya bisa dihindari. 

  • Sesuaikan dengan Kondisi Finansial

Meski cincin pernikahan ini merupakan investasi jangka panjang, jangan sampai Anda mengabaikan hal lain yang sebenarnya lebih penting dari sekedar sebuah cincin. Bersikap realistis dengan kondisi keuangan bisa menjadi hal positif yang diambil, sehingga Anda bisa tetap memprioritaskan kebutuhan lainnya seperti tabungan, dp rumah, dan biaya lainnya. 

  • Pertimbangan Nilai Ekonomis

Kalaupun Anda tetap menginginkan cincin pernikahan yang bernilai tinggi namun dengan kondisi keuangan seadanya, maka bisa diakali dengan cukup mudah. Anda bisa mengganti material cincinnya dengan yang lebih terjangkau, dan pemilihan batu permata yang tidak terlalu besar. 

Bagaimana Cara Memilih Cincin Pernikahan yang Tepat? 

Bagi yang masih bingung terkait cara memilih cincin pernikahan yang tepat, maka bisa mengikuti cara-caranya sebagai berikut: 

  • Persiapkan Budget Khusus

Proses pencarian cincin pernikahan bisa dimulai dengan besaran budget yang sudah bisa Anda pertimbangkan dengan pembahasan diatas. Setelah budgetnya sudah ditentukan, Anda akan menjadi jauh lebih mudah dan cepat dalam melakukan proses pencarian cincin pernikahannya itu sendiri. 

  • Memilih Desain Cincin yang Sesuai

Dari sekian banyak desain cincin yang ada, pastikan Anda bisa memilih desain cincin pernikahan yang sesuai dengan gaya dan preferensi pribadi. Sebagai contoh, bagi penyuka gaya penampilan sederhana, tentunya akan lebih cocok jika memilih desain cincin bergaya minimalis.  

  • Penentuan Bahan Cincin

Meskipun terkendala di budget, untuk urusan material bahan cincin sebaiknya tidak boleh Anda kesampingkan begitu saja. Adapun pemilihan umum bahan cincin pernikahan yang sering digunakan, meliputi diantaranya bahan palladium, platinum, emas kuning dan juga emas putih. 

  • Berikan Sentuhan Personal

Agar cincin pernikahan lebih memiliki makna dan nilai yang mendalam, Anda bisa memberikan sentuhan personal pada desain cincinnya. Sebagai contoh, Anda bisa meminta kepada pengrajin perhiasan untuk mengukir tanggal pernikahan Anda, atau inisial nama depan Anda dan pasangan pada cincinnya. 

  • Cari Tahu Penjual Perhiasan Terbaik

Dengan jaminan bisa mendapatkan cincin pernikahan yang terbaik dan berkualitas, tidak ada kata lain selain Anda harus mengunjungi tempat penjual perhiasan yang sudah kredibel. 

Salah satu yang kami rekomendasikan adalah butik MONDIAL JEWELER, yang menyajikan koleksi cincin pernikahan terbaik, dengan kisaran budget yang masih ramah di kantong. Untuk melihat koleksi perhiasan yang ditawarkan, maka bisa mengunjungi website atau akun instagram resmi dari #MONDIAL.Nah seperti itulah kiranya pembahasan mengenai cincin nikah ini. Terlepas dari seberapa pentingnya cincin ini, jangan sampai membuat Anda terlena dengan mengabaikan hal yang tak kalah jauh pentingnya.