Cara Agar Permainan Ayah dan Anak Menyenangkan dan Berjalan Lancar

Bermain menjadi salah satu solusi untuk dapat mempererat hubungan seseorang terutama hubungan antara orang tua dan anak. Dari permainan yang dilakukan, selain orang tua dan anak akan memiliki hubungan yang lebih baik, namun juga dapat membantu untuk memberikan kenyamanan bagi anak. Akan tetapi, orang tua terutama ayah ketika melakukan permainan ayah dan anak terkadang tidak mampu untuk mengendalikan diri sehingga hasilnya adalah hubungan ayah dan anak yang memburuk.

Agar tidak terjadi hal yang buruk pada hubungan ayah dan anak terutama setelah melakukan permainan untuk ayah dan anak, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Pertama adalah sabar. Anak memiliki perilaku yang terkadang membuat orang lain menjadi jengkel karena kemauan yang harus dituruti. Namun, kematangan psikologis dari orang dewasa harus mampu untuk mengalah dan memberikan nasehat yang baik tanpa menyakiti anak. Sehingga, dalam mengasuh dan merawat anak ketika melakukan permainan harus dilakukan dengan sabar.

Kedua adalah berlakulah seperti usia sebayanya. Anak akan lebih merasa nyaman jika bermain atau bersama dengan orang yang dekat dengan dirinya dan teman seumurannya. Walaupun Anda bertindak seperti teman sebayanya, namun bukan berarti Anda menggunakan emosi seperti anak seumuran. Menjalin komunikasi yang akrab dengan anak dengan memberikan sikap saling percaya dan rasa aman kepada anak, akan lebih membantu mempererat hubungan orang tua dan buah hati. Sehingga kemampuan psikologis anak juga akan berkembang dengan baik.

Ketiga adalah memberikan teladan. Dengan bermain bersama anak, Anda akan mampu untuk memberikan pelajaran bagi anak dengan cara yang menyenangkan. Ketika melakukan permainan ayah dan anak, Anda dapat memberikan contoh untuk berperilaku atau bersikap yang baik sehingga secara tidak sadar, sifat tersebut akan ditiru dan diterapkan oleh anak Anda. Beberapa perilaku yang dapat Anda contohkan yaitu:

  • Ketika Anda melakukan kesalahan, Anda mengakui kesalahan tersebut.
  • Anda meminta maaf ketika melakukan kesalahan.
  • Mengucapkan terima kasih ketika menerima sesuatu misalnya pertolongan atau mendapatkan sesuatu.

Leave a Reply