Menjaga Kesehatan Kulit Bayi Baru Lahir

Rasanya kurang lengkap jika anda hanya mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir tanpa mengetahui bagaimana cara merawat kulit bayi tersebut. Sebagian ibu sering melupakan akan hal tersebut. Karena mereka merasa kulit bayi sudah sangat halus dan lembut jadi tidak memerlukan hal demikian. Namun perlu diingat rentannya tubuh bayi membuat segala macam penyakit mudah menyerang seperti biang keringat, ruam, iritasi, alergi dan lain sebagainya. Sehingga jika tidak ada perawatan secara khusus, masalah seperti itu bisa saja menimpa bayi anda.

Jika memang sudah tersedia perlengkapan bayi baru lahir, maka langkah selanjutnya setelah bayi lahir adalah merawatnya dengan baik dan rutin salah satunya seperti memandikanya. caranya yaitu pertama perhatikan suhu air, pastikan air yang disiapkan tidak terlalu panas atau dingin. Kemudian bersihkan kulit bayi dengan air dari berbagai kotoran seperti bekas makanan, air seni dan tinja. Lakukan kegiatan mandi ini setiap 2 kali dalam sehari untuk membersihkan kulit bayi. Selain itu mandi 3 kali sehari bisa dilakukan jika bayi anda sangat aktif, karena bayi yang aktif akan mudah mengeluarkan keringat dan itulah sumber terjadinya berbagai penyakit seperti biang keringat dan ruam.

Ketika akan memakaikan sabun, sebaiknya perhatikan kandungan sabun yang akan digunakan. Sabun yang baik yaitu sabun yang memiliki kandungan PH antara 4,5 – 5 dan usahakan sabun tersebut memiliki kandungan minyak untuk mencegah iritasi pada kulit. Bila terjadi iritasi pada tertentu maka anda bisa menggantinya dengan merk yang lain dan jangan dibiarkan. Bilaslah sebanyak dua kali agar bahan kimia yang menempel di tubuhnya bisa benar-benar menghilang.

Jangan melewatkan daerah sela-sela seperti jari jemari, selangkangan dan ketiak. Setelah selesai mandi langsung gunakan handuk yang lembut dan nyaman untuk mengeringkan tubuhnya. Setelah tubuhnya kering dengan handuk, anda bisa memakaikan lotion atau krim untuk mempertahankan kandungan air di kulit bayi dan kulit bayi akan tetap terlihat lembab.

Kesehatan bayi harus terus diperhatikan, dengan perlengkapan yang sudah disediakan sebelumnya tentunya itu akan sangat mendukung dalam hal perawatan yang dilakukan.

Leave a Reply