Program Kerjasama IPB Dengan Chungbuk National University

Menjalin kerjasama dengan universitas luar negeri merupakan hal penting yang perlu dilakukan oleh setiap perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Hal ini bukan hanya berguna untuk meningkatkan kualitas mahasiswa semata, namun juga bermanfaat untuk menjalin hubungan antar budaya yang baik dan berkelanjutan. Belum lama ini, IPB (Institut Pertanian Bogor) menjalin kesepakatan dengan Chungbuk National University Korea untuk membuat berbagai program kerjasama. Program-program tersebut sudah disetujui oleh masing-masing pihak dan diharapkan dapat memberikan banyak manfaat, terutama bagi kedua belah pihak.

Pada tanggal 19 Januari, kerjasama antara IPB dengan Chungbuk National University Korea ditandatangani oleh Prof. Dr. Herry Suhardiyanto selaku Rektor IPB dan juga Dr. Yeo-Pyo Yun selaku Presiden Chungbuk National University Korea. Penandatanganan kerjasama Memorandum of Understanding atau MoU tersebut dilaksanakan di Kampus IPB Darmaga Bogor, tepatnya Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion. Penandatanganan kerjasama antara IPB dan juga Chungbuk National University juga dihadiri oleh beberapa pihak seperti Wakil Rektor Sumberdaya dan Kajian Strategis, Direktur Kerjasama Program Internasional dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen dari Institut Pertanian Bogor.

Dalam kerjasama MoU yang ditandatangani, terdapat beberapa kesepakatan dan sejumlah program yang berhasil diambil. Berikut ini program kerjasama yang telah ditandatangani oleh IPB dan Chungbuk National University, yaitu :

  • Program studi luar negeri.
  • Pertukaran staf untuk kegiatan riset, pengajaran dan aktivitas akademik.
  • Pertukaran mahasiswa.
  • Pertukaran SDM manusia untuk implementasi program, SDM perpustakaan, pertukaran data, kolaborasi riset dan juga publikasi.

Kerjasama yang terjalin rencananya akan berlangsung dalam 5 tahun ini. Kedua belah pihak menyambut kerjasama secara positif dengan berbagai harapan masing-masing. Chungbuk National University juga menyampaikan tekad untuk menjadi salah satu dari 10 perguruan tinggi yang terbaik di negaranya dan menjadi salah satu dari 100 perguruan tinggi terbaik yang ada di Asia. Dengan adanya kerjasama yang dilakukan bersama IPB, diharapkan hal tersebut dapat terealisasi dan menguntungkan semua pihak, baik IPB (Institut Pertanian Bogor) maupun Chungbuk National University.

Leave a Reply