gejala penyakit diare akut

Setiap orang tentunya tidak ingin memiliki sebuah penyakit di dalam tubuhnya. Maka dari itu, kita harus selalu menjaga kesehatan serta kebersihan diri. Perlu anda ketahui, salah satu penyakit yang paling umum menyerang tubuh manusia, terutama di dalam bagian pencernaan adalah penyakit diare. Penyakit ini banyak sekali diderita oleh orang-orang yang berada atau bertempat tinggal di negara berkembang, tidak terkecuali di Indonesia. Kebanyakan orang menganggap sepele penyakit yang menyebabkan tinja menjadi encer atau lembek ini, padahal pada kenyataannya penyakit ini dapat menyebabkan kematian kepada para penderitanya. Ini karena, penyakit ini dapat menyebabkan dehidrasi yang cukup parah sehingga dapat menyebabkan kematian. Selain itu, penyakit ini juga merupakan pembunuh nomor satu yang membunuh para balita yang ada di negara berkembang. Oleh karena itu, kita semua wajib mengetahui apa saja gejala penyakit diare baik yang masih tahap awal ataupun telah akut.

Gejala penyakit diare baik masih yang tahap awal ataupun telah akut hanya memiliki sedikit perbedaan. Perbedaannya adalah jika penyakit tersebut telah dalam tahapan akut maka penderitannya akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan yang sangat membahayakan nyawanya. Kemudian untuk gejala awal atau umumnya sendiri antara lain terdapat darah pada tinja atau feses, sakit perut yang terus menerus walaupun telah melakukan buang air besar, mengalami kram perut, tinja atau feses menjadi encer, tubub terasa lemas, hilangnya nafsu makan, dan terkadang disertai dengan muntah-muntah.

Setelah anda mengetahui apa saja gejala dari penyakit diare tersebut, maka selanjutnya anda harus mengetahui bagaimana cara pencegahan agar tidak terserang penyakit tersebut. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menjaga kebersihan kuku baik pada kaki maupun tangan, kemudian jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang tidak terjamin kebersihannya terutama yang dijual di pinggir pinggir jalan, jangan pernah sekali-sekali meminum air keran secara langsung kecuali jika air keran anda memang sudah atau desain khusus dapat diminum secara langsung, lalu biasakan mencuci tangan sebelum makan dan sesudahnya. Selain itu, setelah menggunakan toilet ataupun setelah memegang daging mentah juga wajib mencuci tangan. Namun, untuk mencuci tangan tidak boleh dilakukan secara asal dan diperlukan sabun khusus untuk cuci tangan yang dapat menghilangkan kuman atau bakteri yang dapat menyebabkan penyakit diare. Sabun khusus tersebut adalah sabun cair anti kuman dari Lifebuoy .

Leave a Reply