Pembangunan Sektor Pertanian

Pembangunan Sektor PertanianIndonesia adalah negara agraris. Sebagian mata pencarian di Indonesia adalah bi bidang pertanian. Kini mulai digalakan pembangunan sektor pertanian.  Namun tahukah kamu apa yang dimaksud dengan pertanian. Pertanian adalah suatu kegiatan untuk memanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan oleh manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, sumber energi, serta juga untuk mengelola lingkungan hidupnya. Kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang  termasuk ke dalam kategori pertanian biasa dipahami oleh masyarakat sebagai budidaya tanaman atau bercocok tanam, serta memelihata dan membesarkan hewan ternak, meskipun begitu cakupannya dapat juga berupa pemanfaatan mikroorganisme dan bioenzim dalam pengolahan produk lainnya , seperti diambil contoh pembuatan keju dan tempe, atau sekadar ekstraksi semata, seperti penangkapan ikan , hasil laut dan tambak atau eksploitasi hutan.

Pembangunan sektor pertanian adalah sebuah kondisi dimana perlu diadakan peningkatan yang signifikan tentang kemajuan di bidang pertanian. Dewasa ini, sektor pertanian merupakan bidang yang memiliki kelemahan karena infrastruktur yang kurang memadai dan lahan-lahan pertanian yang semakin berkurang. Tentunya hal ini jangan sampai terjadi bila Indonesia yang memiliki kekayaan alam berlimpah harus mengandalkan negara lain untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Kondisi yang demikian terus menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah dan jajarannya untuk terus memberikan peningkatan mutu hasil pertanian dan memudahkan kemajuan pertanian untuk memberikan kesejahteraan bagi masyaraktnya. Dengan terus melakukan berbagai langkah strategis inilah, pemerintah berupaya untuk mengentaskan masyarakat dari segala bentuk kesulitan di bidang pangan agar tidak sampai terjadi bahaya kelaparan yang mengancam.

Kelompok ilmu-ilmu pertanian mengkaji pertanian dengan didukung berbagai ilmu-ilmu pendukungnya. Karena pertanian selalu terikat dengan ruang dan waktu, ilmu-ilmu pendukung, seperti ilmu tanah, meteorologi, teknik pertanian, biokimia, dan statistika juga dipelajari dalam pertanian. Usaha tani adalah bagian inti dan penting dari pertanian karena berhubungan dengan sekumpulan kegiatan yang dilakukan untuk budidaya hayati . Sebutan bagi mereka yang menyelenggarakan usaha tani adalah petani, sebagai contoh “petani tembakau” , “petani padi” atau “petani ikan”. Pelaku budidaya hewan ternak secara khusus disebut sebagai peternak. Pembangunan sektor pertanian dijalankan di berbagai daerah di Indonesia dengan berbagai trik demi meningkatnya hasil pertanian yang ada untuk perekonomian masyarakat.