University College Indonesia
University College Indonesia

University college indonesia merupakan sebuah universitas yang memiliki biaya yang lumayan mahal jika dibandingkan dengan universitas-universitas lain. Oleh karena itulah, selain sulit masuknya juga mereka terbebani dengan biaya yang tidak murah.

University College Indonesia
University College Indonesia

Memang pada dasarnya biaya masuk UI berbeda-beda dengan fakultas dan jurusan yang diambil, tetapi tetap saja hal itu menjadi pertimbangan bagi mereka yang hendak kuliah di UI. Bagi mereka yang berasal dari kalangan menengah ke atas akan merasa biasa-biasa saja soal biaya, tetapi lain dengan mereka yang berasal dari keluarga biasa-biasa saja, sungguh akan mempersoalkan biaya.

Lantas apakah mereka tidak memiliki kesempatan? Tentu ada kesempatan, karena pihak UI akan memberikan beasiswa bagi mereka yang tidak mampu tetapi memiliki prestasi bagus. Oleh karena itulah, anda tidak perlu khawatir lagi, tetapi pupuklah prestasi anda.

Nah bagi anda yang mungkin ingin kuliah di UI, berikut ini adalah gambaran biaya untuk kuliah di UI.

Gambaran biaya masuk UI

Dari tahun ke tahun biaya masuk UI bisa saja berubah, semua tergantung kebijakan yang berlaku dalam lingkungan universitas tersebut. Tetapi tidak ada salahnya jika kita mengetahui rincian pembayaran apa saja. Nah berikut ini adalah jenis-jenis jenjang yang ada di UI.

  • Biaya untuk program sarjana reguler.
  • Biaya program sarjana pararel.
  • Biaya program Vokasi.

Komponen biaya masuk UI

Nah dalam komponen biaya program sarjana reguler ini terdiri dari: BOP Yakni biaya operasional pendidikan dan juga UP yakni uang pangkal. BOB merupakan kompenen biaya atau dana untuk kebutuhan operasional pengadaan suatu kegiatan periode semester berjalan. Sementara itu, program sarjana yang pararel dan vokasi ini kompenennya terdiri BOP dan DP yakni biaya operasional dan biaya pendidikan.

Sebenarnya program regular jauh lebih murah ketimbang program sarjana pararel dan vokasi. Hal itu disebabkan karena uang pangkal regular ini telah ditanggung oleh pemerintah, sementara itu, program pararel dan vokasi lebih mahal karena dibebankan kepada mahasiswanya.

Untuk biaya regular yang harus dibayarkan sebesar RP 1.000.000 per-semester, sementara maksimalnya adalah 5.000.000 untuk program study kelompok IPS, seperti: FIB, FISIP, FPSI FH, dan FE.

Sementara untuk program kelompok IPA minimal harus membayar 100.000 dengan maksimal harus membayar sebanyak 7.500.000. Tetapi sebaliknya BOP ini tidak berlaku untuk program pararel dan vokasi. Artinya, hanya berlaku untuk program regular saja.

Nah itulah tadi pembahasan tentang University college Indonesia. Semoga bermanfaat.