Cara Mengajari Anak Membaca Yang Menyenangkan

Ketika anak sudah memasuki usia lima tahun, mereka dihadapkan dengan kondisi yang mengharuskannya mempunyai kemampuan untuk membaca dan menulis. Hal ini bertujuan agar si anak siap untuk memasuki dunia pendidikan.

cara belajar membaca
cara belajar membaca

Kita sebagai orangtua jangan selalu mengandalkan guru di sekolah saja, namun kita juga harus berperan aktif dalam mendukung anak bagaimana cara belajar membaca yang baik. untuk mengajari anak membaca tentunya kita membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Berikut ada beberapa cara mengajari anak membaca yang menyenangkan, diantaranya:

  • Sambil bernyanyi

Membaca sambil bernyanyi merupakan salah satu cara yang paling mudah dalam mengajarkan anak belajar membaca. Selain mudah, metode seperti ini mudah diingat oleh anak. Itulah kenapa para guru sekolah TK khususnya lebih banyak bernyanyi dari pada teori.

  • Dengan bantuan media elektronik

Anda bisa memanfaatkan gadget untuk melatih anak membaca. Sekarang banyak permainan-permainan edukasi bagi anak-anak yang bisa anda download dengan mudah. Pilihlah permainan tentang huruf dan pembelajaran lainnya. Hal ini bisa menjadi  cara belajar membaca yang menarik dan menyenangkan bagi anak-anak.

  • Menggunakan karpet huruf

Gunakanlah karpet yang memiliki tampilan huruf dan gambar dengan warna yang menarik. Dengan warna yang menarik akan membuat anak ingin membaca huruf yang ada di karpet tersebut. karpet tersebut bisa digunakan sebagai alas saat anak bermain. Dengan begitu si anak dapat belajar sambil bermain.

  • Sambil bercerita

Anak-anak sangat suka cerita dongeng. Hal ini bisa anda manfaatkan untuk anak belajar membaca. Agar lebih menarik pilihlah cerita bergambar, agar tidak hanya dapat melafalkan huruf yang tertulis di buku, tetapi anak juga dapat ikut merasakan karakter yang ada dalam buku.

Itulah beberapa cara belajar membaca bagi anak yang akan mulai masuk sekolah. Yang terpenting dalam mengajari anak adalah jangan terlalu memaksakan kehendak, pahamilah mood anak.

Jika anak sedang marah atau lapar, mereka tidak akan mau di ajak belajar. Berilah pujian agar dapat mendorong anak untuk terus belajar. Pujian bisa dilakukan dengan kata-kata, bisa juga berupa barang. Hal ini dapat membuat suasana hati anak merasa baik dan senang.

 

Leave a Reply