Cara Mendidik Anak yang Baik dan Menyenangkan

Cara Mendidik Anak yang Baik tentunya adalah cara yang menyenangkan dan menciptakan kenyamanan bagi anak. Karena mendidik dengan cara yang kasar akan menciptakan rasa takut pada anak dan akan dapat membatasi kreatifitasnya serta mentalnya.

Nah, berikut akan saya paparkan beberapa Cara Mendidik Anak yang Baik yang mungkin dapat anda terapkan kepada anak anda.

  • Tumbuhkan rasa tanggung jawab pada anak
    Berusahalah untuk mengajarkan dan mengingatkan anak untuk selalu memiliki sikap bertanggung jawab terhadap dirinya. Contohnya apabila telah tiba waktunya untuk belajar, maka ia harus segera belajar. Jika anak bertanya mengapa harus seperti ini, maka berusahalah untuk memberikan alasan yang logis dan mudah dipahami oleh anak.
  • Biasakan anak untuk berani meminta maaf
    Katakan kepada anak anda bahwa tindakan meminta maaf atas sebuah kesalahan merupakan tindakan yang mulia dan pemberani. Berusahalah untuk mengajarkan anak untuk berani meminta maaf ketika melakukan kesalahan yang mungkin saja ia lakukan terhadap teman sebayanya. Hal ini juga bertujuan untuk memupuk rasa sadar bahwa apa yang telah dilakukannya merupakan tindakan yang kurang baik.
  • Hindari menakuti anak
    Pada umumnya sering mengambil jalan pintas yang kelihatannya mudah dan efektif. Selain mengucapkan kata bohong, biasanya orang tua juga sering menakut-nakuti anak supaya anaknya mau menurut dengan segera. Emang sih kelihatannya cara seperti ini akan efektif, namun sebenarnya cara ini merupakan cara mendidik yang kurang tepat, karena hal ini akan berdampak menjadikan anak semacam trauma saat ia dewasa, hal ini juga menyebabkan anak menjadi tidak mandiri sehingga dapat mematahkan kreatifitasnya.
  • Upayakan untuk menghindari kata keras dan mengancam
    Pada dasarnya anak itu bagaikan kertas putih yang masih kosong. Baik atau tidaknya anak akan sangat bergantung seperti yang diajarkan oleh orang tua kepadanya. Oleh karena itu, berusahalah untuk sebisa mungkin menghindari perkataan yang keras, mengancam atau bahkan memberikan teriakan yang keras kepada anak. Jika mungkin saja perilaku anak terkesan nakal atau bandel, maka cobalah untuk menahan emosi dan didiklah dengan kata yang lembut serta bijaksana.

Nah, itulah beberapa tips tentang Cara Mendidik Anak yang Baik. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply