PT Parna Raya
PT Parna Raya

PT Parna Raya merupakan salah satu perusahaan yang cukup terkenal dan membidangi usaha logistik darat dan laut. Seiring perjalanannya, perusahaan ini berkembang dan melebarkan sayapnya. Tentu hal ini tak lepas dari sejarah panjangnya. Pada awal usia 20an, seorang pria bernama Simbolon, Marihad Simon (pendiri PT) mulai bekerja di Pelabuhan Tanjung Priok.

Disana ia melihat kesempatan yang besar pada usaha transportasi industri. Dengan kepekaannya, ia mulai memasuki dunia usaha Jakarta tepatnya di bidang transportasi darat pada tahun 1972. Langkah awalnya adalah mendirikan PT Parna Raya, dimana pada awalnya hanya mengoperasikan satu truk mengangkut barang dari kapal-kapal di Pelabuhan Tanjung Priok.

PT Parna Raya
PT Parna Raya

Seiring berjalannya waktu, pria yang biasa disebut dengan Pak sim ini memperbesar usahanya dengan mendirikan perusahaan lain di bidang minyak-gas, mineral, petrokimia, pipa gas alam, perdagangan, hotel dan perkebunan kelapa sawit. Saat ini, relasi Pak Sim sudah terjalin di pasar domestik, Asia Tenggara, Asia Pasifik, Australia hingga China.

Selain itu perusahaan ini juga telah membentuk Grup yang secara perlahan berkembang menjadi kelompok bisnis lokal yang sangat penting di bidangnya. PT Parna Raya Group menjadi kelompok terdepan yang berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi masyarakat Indonesia.

PT ini percaya bahwa dengan manajemen yang baik, niscaya pencapaian misinya untuk mensejahterakan Indonesia akan terwujud. Dengan program CSR bagi masyarakat yang difokuskan ke bidang pendidikan, pemberdayaan dan pelatihan, maka arti kebahagiaan dan kesuksesan dapat dirasakan bersama. Dengan dukungan dari berbagai pihak, baik karyawan maupun pimpinan, saat ini perusahaan dapat berkemabang dan sudah memiliki basis di berbagai daerah di Indonesia seperti di Jakarta, Sumatera, Jawa, Kalimantan.

Di luar Negeri pun juga terdapat basis dari perusahaan ini, contohnya adalah di Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, Taiwan, Korea, Jepang, China and Australia. Dengan banyaknya basis tersebut, maka sudah dapat dibilang bahwa PT Parna Raya yang berkantor di Jl. HR Rasuna Said Kav 1, RT.1/RW.6 Guntur Setiabudi Jakarta Selatan ini adalah contoh perusahaan yang sukses.