Travelling saat ini telah menjadi bagian dari gaya hidup kaum millenial. Ada yang menemukan kenikmatan travelling karena dapat berinteraksi dengan warga lokal. Ada pula yang ketagihan travelling karena mendapati ada banyak sudut kota indah. Selain itu, berbagai foto yang diambil saat eksplorasi suatu tempat akan menjadi bahan unggahan di media sosial yang menarik. Jikalau beruntung traveller juga bisa menghasilkan uang darinya, misalnya dengan menjadi travel writer, travel blogger, atau selebgram.

Nah, untuk Anda yang juga ingin travelling tapi masih saja terkendala dengan budget, mulai sekarang buatlah perencanaan keuangan yang jelas dan tidak setengah-setengah. Jangan biarkan Anda selalu iri melihat orang lain dan teman-teman sepantaran yang sudah kesana kemari ke berbagai pelosok tanah air bahkan ke seluruh dunia. Berikut ini tipsnya:

perencanaan keuangan
perencanaan keuangan
  1. Mengelola Keuangan Khusus untuk Travelling

Anda perlu realistis, apakah tujuan Anda bisa dijangkau dengan penghasilan Anda saat ini. Anda tidak perlu idealis dengan menetapkan destinasi ke Eropa bulan depan. Mulai saja dari kota-kota terdekat. Lalu buat tabungan perencanaan keuangan khusus travelling, misalnya sisihkan uang jajan secara rutin dan masukkan ke dalam jar khusus yang bertuliskan ‘jatah jalan-jalan’. Anda juga bisa menggunakan investasi untuk tabungan travelling.

  1. Hanya Beli Barang-barang Second

Misalnya, untuk kebutuhan pakaian, ada banyak baju impor yang dibanderol dengan harga murah dan kualitasnya masih bagus. Pada kesempatan lain, Anda mungkin butuh ponsel baru, tak ada salahnya juga mencari barang yang second.

  1. Mengurangi Budget Makan

Anggap saja ini sekaligus menjalankan program diet yang sejak kemarin Anda canangkan. Daripada makan besar di rumah makan yang menghabiskan puluhan hingga ratusan ribu, pilih saja menu yang murah meriah seperti sebotol air mineral dan onigiri yang harganya tak lebih dari sepuluh ribu rupiah. Anda hemat banyak dan perencanaan keuangan Anda teratasi dengan bisa ditabung di aplikasi Jenius. Satu lagi, sikap konsisten sangat diperlukan disini. Anda bisa segera terbang ke tempat-tempat yang jauh, patuhilah apa sudah Anda rancang bersama aplikasi digital Jenius.