Tidak banyak orang yang tahu apabila didalam mesin terdapat sebuah elemen penting bernama Bearing. Bagi anda yang tidak mempunyai pengetahuan seputar mesin, tentu alat yang satu ini masih asing bukan? Ada beberapa jenis bearing yang biasanya terdapat didalam mesin. Seperti Linear bearing. Untuk anda yang belum memahami linear bearing, dibawah ini penjelasnya. 

Pengertian linear bearing 

Sebelum anda mengetahui lebih jelas mengenai jenis bearing linier ini, anda juga harus mengetahui pengertian bearing terlebih dahulu. Bearing atau bantalan merupakan sebuah elemen mesin yang mana memiliki fungsi sebagai pembatas gerak relative diantara dua komponen atau lebih agar bisa bergerak berdasarkan arah yang diinginkan. 

Selain itu, keberadaan bearing ini juga bisa digunakan untuk mengurangi hadirnya gesekan antar poros dengan elemen mesin yang lainnya. Lantas apa sebenarnya Linear bearing tersebut? Linear bearing merupakan bantalan yang telah dirancang sedemikian rupa agar bisa menunjang gerakan bebas yang terjadi didalam satu arah. 

Adapun penggunaan dari linear bearing ini digunakan untuk menunjang kegiatan industry seperti pada mesin tekstil, mesin cetak hingga mesin pengemasan pakaian. Adapun keunggulan dari jenis bantalan yang satu ini adalah kemampuannya untuk mengurangi  gesekan dan relative stabil. 

Jenis bantalan linear ini biasanya juga memanfaatkan sistem pad, bushing, hingga roller untuk membawa bebas pada sebuah rel dan biasanya berupa garis lurus. Rel tersebut bisa sepanjang berapapun, walaupun dimensinya dibatasi oleh actuator. Daya tahan dari bantalan ini mungkin juga akan ditentukan oleh beban dan kecepatan yang dibutuhkan. 

Selain itu, keberadaan real biasanya juga bisa hadir oleh semua jenis seperti permukaan datar sederhana, batang yang bundar hingga yang kompleks. 

Cara Kerja linear bearing

Beban yang lebih berat akan ditemukan pada bantalan linier yang menggunakan bantalan bola atau roller dengan sirkulasi ulang pada bagian bantalan pemasangan persegi atau bagian unit yang geser. Hal ini dibuat seperti itu, agar lingkaran bola atau rol silinder tersebut tidak bisa masuk ataupun keluar dari area muatan yang terdapat di sepanjang poros 

Didalam linear bearing ini ternyata juga terdapat beberapa aksesoris yang digunakan seperti wiper. Dimana wiper ini memiliki fungsi untuk menyapu rel yang berada di depan unit geser. Hal ini bertujuan agar tidak ada kotoran ataupun serpihan akan merusak elemen yang berputar. Selain itu ada juga segel. 

Dimana segel ini mempunyai fungsi yang sama tetapi lebih digunakan sebagai pelumas agar tidak ada rembesan yang keluar di area bantalan. Berbicara soal bahan baku, linear bearing ini menggunakan  terbuat dari bahan stainless steel dengan kualitas terbaik bahkan bermutu international. 

Keunggulan lineal bearing

Adapun keunggulan dari linear bearing  ini adalah seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yakni linear bearing memiliki kemampuan untuk mengurangi adanya gesekan yang muncul sehingga akan lebih stabil. Bukan hanya itu saja, keunggulan lainnya adalah mengurangi adanya risiko kerusakan pada saat produksi pada perindustrian. 

Selain itu, pada percetakan, keberadaan bearing ini bisa meminimalisir adanya kesalahan dalam pengemasan percetakan. Bahkan bantalan ini mempunyai desain yang stabil yang mana bisa disesuaikan dengan kondisi mesin. Secara tidak langsung keberadaan bearing ini akan membuat pekerjaan lebih cepat selesai. Demikian ulasan mengenai linear bearing yang wajib untuk anda ketahui. Saat ini, anda sudah bisa menemukan dengan mudah jasa yang menyediakan bantalan  ini yakni logam-makmur.com.