Memilih pembersih wajah bukanlah hal yang susah sebenarnya. Tapi terkadang karena kita asal-asal membelinya, kulit mukanya menjadi semakin bertambah parah dari kondisi sebelumnya. Yang awalnya berjerawat sedikit, jerawatnya menjadi semakin tambah parah, begitu juga saat kulit kering salah menggunakan pembersih membuatnya semakin kering bahkan sampai bersisik.

Kondisi wajah itulah yang membuat kita harus hati-hati memilih pembersih seperti apa yang cocok untuk jenis kulit. Tidak semua sabun bisa pas dengan jenis kulit kamu, jadinya kamu harus pastikan dulu kulit muka kamu punya jenis yang seperti apa agar tidak salah memilih pembersihnya. Kamu harus tahu dulu jenis-jenis kulit bagaimana yang cocok diatasi dengan sabun pembersihnya. Simak beberapa triknya di bawah ini.

  1. Kulit normal

Buat kamu yang punya kulit normal, tentu akan menjadi semakin gampang mencari sabun pembersihnya. Kulit normal merupakan kondisi kulit yang tidak terlalu gampang mengeluarkan minyak berlebih atau terlalu kering. Tapi, meski sudah normal, kamu harus tetap menjaganya agar tidak menjadi kering atau malah tambah berminyak.

Pilih pembersih wajah yang punya bahan dasar air. Jenis air murni, propylene gylcol serta glyceril merupakan jenis yang sangat pas buat kulit wajah yang normal. Jadinya, kamu akan tetap mendapatkan kondisi yang bagus dan terbebas dari masalah kulit muka umumnya.

2. Kulit kering

Kulit kering merupakan kondisi kulit yang gampang kering, tidak lembab, bahkan sampai bersisik. Jenis kulit ini membutuhkan pembersih muka yang berat dengan bahan dasarnya yang mengandung minyak dan urea. Selain itu kandungannya harus memiliki propilen glikol agar memberikan kelembaban lebih pada kulit mukanya.

Lebih baik pilih pembersih wajah yang punya bahan dasar susu karena gampang melembabkan kulit wajah. Selain itu, bisa juga pilih yang tipenya krim.

3. Kulit berminyak

Kulit berminyak cukup susah untuk diatasi tapi tenang saja ada bahan-bahan khusus yang dibuat untuk jenis kulit ini saat ini. Kamu yang punya jenis kulit ini tentunya akan cepat berjerawat, meski awalnya sudah hilang dalam hitungan hari lagi akan muncul lagi.

Maka itu, pilih produk pembersih yang tidak punya bahan minyak tapi punya bahan air yang banyak dan mengandung non comedogenic. Bahan-bahan itu sekaligus mengurangi minyak yang terlalu berlebih dan mencegah adanya komedo.

4. Kulit kombinasi

Jenis kulit ini merupakan kombinasi antara berminyak dan normal. Buat kamu yang punya jenis ini, tentu sangat dilema saat mau memilih pembersih wajah. Kalau kamu pilih yang untuk berminyak, maka yang normal akan menjadi kering, begitu juga sebaliknya.

Kamu bisa mengatasinya dengan memilih pembersih yang bisa untuk kulit kombinasi. Sekarang sudah banyak sabun yang bisa dipakai untuk kulit kombinasi.

5. Kulit sensitif

Jenis sensitif sangat susah untuk mencari pembersih yang cocok. Kalau salah, kulitnya jadi lebih gampang merah, iritasi, bahkan sampai mengeluarkan ruam-ruam. Kamu harus memilih bahan yang bebas dari parfum, pewarna, serta harus khusus untuk kulit sensitif.

6. Kulit menua

Jenis kulit menua lebih banyak dialami saat kita sudah dewasa. Di jenis ini, kulit akan gampang mengering karena kelenjar minyak sudah semakin berkurang reproduksinya. Agar tetap lembab, pilih pembersih yang sifatnya lebih ringan. Bahan itu akan membantu kulit wajah tetap normal dan tidak gampang kering.

7. Kulit berjerawat

Ada banyak sabun pembersih yang khusus untuk kulit berjerawat. Tapi, tidak asal memilihnya saja karena tidak semuanya pas buat kulit kamu. Kalau jerawatnya hanya muncul saat menstruasi, bisa pilih bahan salicylic acid dan bisa pilih sabun biasa saat sudah hilang.

Nivea merupakan produk pembersih wajah yang banyak diminati orang karena kandungannya yang cocok buat berbagai jenis kulit. Kamu bisa melihat produk mana yang cocok buat kamu di nivea.co.id.