Ketika anak bergerak aktif hal itu menunjukkan tanda bahwa otaknya sedang berkembang. Untuk semakin mengoptimalkan kemajuan si Kecil dibutuhkan stimulasi oleh orang tuanya terutama seorang ibu yang selalu setia menemaninya. Pemberian nutrisi juga sangat penting, seperti S26 Procal dengan nutrissentials serta pola makan yang sehat dan bergizi. 

Berikut ini beberapa stimulasi yang bisa Ibu lakukan supaya buah hati semakin cerdas: 

Susu Anak
  • Ajak Bicara

Ibu harus mengajak si Kecil untuk berbicara, bisa dengan menceritakan pengalaman hari ini kepadanya. Bisa juga dengan mengenalkan benda di sekitarnya ketika waktu minum susu. 

Sebab kebanyakan anak mulai bicara ketika menginjak usia 1 tahun dan semakin berkembang pesat. Semakin banyak kata yang didengar maka pertumbuhan otaknya juga akan cepat dalam mengikuti suara, bahkan membaca dan menulis di kemudian hari. 

  • Ajarkan Mengontrol Emosi

Sebagian orang masih perhatian pada kecerdasan intelektual saja, padahal si Kecil juga harus memiliki kecerdasan dalam mengelola emosinya. Seperti rasa empati untuk membantu teman yang bisa disebut saling membantu sesama.

Ibu luangkanlah waktu menjelaskan berbagai karakter, sedih, kesal, dan senang. Berilah pengertian bahwa setiap yang dilakukan memiliki konsekuensi, semakin baik cara mengatur dari semua sikap tersebut, semakin baik pula kemampuan sosial anak dalam menghadapi aktivitas sehari-hari.

  • Buat Ruang Kreatif 

Siapkan tempat khusus di mana anak boleh menggambar, melukis, dan menyusul sendiri ruang kreatifnya. Di salah satu sudut rumah dengan krayon atau kertas. Hal ini merupakan salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan kognitif, menyalurkan imajinasi, serta menjadi awal belajar menulis. Selain itu Ibu juga secara tidak langsung mengajarkan anak menggunakan sesuatu sesuai dengan fungsinya. 

  • Beri Pujian Atas Usaha Anak

Perlu diingat untuk memberikan pujian atas usaha anak bukan karena pencapaiannya saja. Pujian yang berfokus pada proses akan membuat si Kecil memahami bahwa segala sesuatu memiliki proses. Supaya anak bisa lebih semangat dalam menyalurkan semua kreatifitasnya.

Stimulasi di atas sangat mudah, hanya perlu sedikit kesabaran dan konsisten dalam melakukannya.