Aki adalah salah satu komponen mobil yang familiar untuk semua orang. Fungsi komponen ini yaitu untuk menyalurkan listrik agar bisa digunakan oleh komponen lain seperti starter untuk menyalakan mesin, menghidupkan lampu, dan lain sebagainya. Karena perannya yang cukup penting, sangat berbahaya apabila aki mobil Anda mulai soak. Anda perlu mengetahui ciri-ciri aki soak agar bisa segera menggantinya. Adapun ciri-cirinya yaitu sebagai berikut:

Mobil Sulit Distarter

Ciri utama aki mobil Anda mulai bermasalah adalah sulitnya mobil distarter. Apalagi jika biasanya mobil Anda mudah distarter. Mobil sulit distarter karena aki berada pada batas minimal sehingga sulit menyalurkan daya listrik yang dibutuhkan. 

Bukan hanya mobil dengan aki basah, masalah ini juga terjadi pada mobil dengan aki kering. Apabila mobil sulit distarter, sebaiknya segera lakukan pengecekan untuk menghindari mobil mogok. 

Usia Aki Memang Sudah Lama

Usia menjadi ciri-ciri selanjutnya yang perlu Anda ketahui. Apabila aki sudah memasuki usia 2 tahun, maka Anda harus segera berhati-hati. Pasalnya aki pada umumnya memiliki masa pakai kurang lebih 2 tahun. Namun masa pakai aki ini juga bergantung pada perawatan dan juga jenis pemakaian.

Lampu Redup

Masalah aki mobil selanjutnya bisa dilihat dari lampu mobil Anda. Jika kondisi aki masih baik, pencahayaan mobil akan terang. Sebaliknya aki yang bermasalah membuat lampu mobil Anda menjadi redup. Kondisi ini sangat membahayakan, terutama bagi Anda yang sering berkendara di malam hari.

Suara Klakson Melemah

Selain lampu utama yang mulai meredup, aki yang soak juga membuat suara klakson mobil melemah. Biasanya suara klakson menggelegar agar bisa didengar oleh pengendara lain. Tapi ketika suaranya sangat lemak, Anda harus segera mengecek bagian aki.

Kurangnya Tegangan Aki

Ciri terakhir yaitu kurangnya tegangan pada aki. Namun Anda tidak bisa mengamati secara langsung karena hasilnya belum tentu akurat. Untuk mengetahui tegangan aki, Anda perlu menggunakan load tester atau cranking. Aki yang bermasalah memiliki tegangan rendah di bawah 10 volt.

Itulah ciri-ciri aki soak yang perlu Anda ketahui. Apabila mobil Anda mengalami masalah tersebut, segera bawa ke bengkel untuk diperbaiki. Bagi Anda yang membutuhkan informasi lain seputar otomotif, cari saja informasinya di www.seva.id