Tepung Terigu untuk Membuat Mie

Banyak sekali makanan atau kudapat yang berbahan dasar tepung terigu, mulai dari makanan yang dijajakan di pasar sampai makanan yang disajikan di hotel berbintang. Tepung terigu adalah bahan makanan yang terbuat dari biji gandum berwarna putih kekuningan di dalamnya terkandung kalori, lemak, protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, posfor, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Berdasrkan kandungan protein yang terdapat pada tepung terigu atau yang sering disebut dengan gluten (Gluten merupakan protein yang tidak larut di dalam air, bersifat elastis dan kenyal ) tepung terigu dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung terigu protein tinggi, tepung terigu protein sedang, dan tepung terigu protein rendah.

Tepung terigu dengan protein tinggi kandungan proteinnya mencapai 11 hingga 13 persen. Biasanya digunakan untuk bahan makanan yang harus melalui proses permentasi atau peragian, seperti donat, roti, mie dan lain-lain.

Tepung terigu protein sedang, kandungan proteinnya 9 hingga 10 persen, tepung ini biasanya digunakan untuk semua olahan atau sering disebut dengan tepung terigu serbaguna. contoh olahan yang menggunakan tepung terigu ini adalah bakwan, kue pukis, tempe mendoan dan masih banyak lagi.

Tepung terigu protein rendah, kandungan proteinnya hanya mencapai 7 hingga 8 persen, tepung ini cocok digunakan untuk membuat kue kering, tetapi tepung terigu ini  cocok untuk membuat mie dan silakan bisa anda coba.

Leave a Reply