Ini Alasan untuk Pakai Deterjen Ramah Lingkungan, Demi Mencegah Efek Negatif di Tubuh

Ini Alasan untuk Pakai Deterjen Ramah Lingkungan

Saat mencuci baju Anda yang kotor, Anda tentunya membutuhkan deterjen untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang melekat padanya. Tidak hanya itu saja, deterjen juga bisa membuat warna baju Anda kembali cerah seperti semula, dan memberikan aroma yang harum. Hampir setiap hari Anda akan bersentuhan dengan deterjen, baik untuk pakaian maupun cuci piring. Jadinya, tentu masuk akal jika Anda pun sebaiknya memilih deterjen ramah lingkungan.

Ketika Anda melihat kandungan bahan-bahan yang ada di dalam deterjen, Anda pasti akan melihat banyak bahan-bahan kimia di dalamnya. Sebagian bahan tersebut tidaklah berbahaya, dan justru sangat membantu dalam membersihkan pakaian Anda. Namun sebagian lagi adalah bahan yang akan memberikan efek samping cukup berbahaya jika Anda terus-terusan memakainya. Masalahnya adalah, efek samping ini bisa berdampak di diri sendiri dan lingkungan.

Ada banyak alasan kenapa Anda sebaiknya memilih deterjen yang ramah lingkungan. Pertama-tama tentunya untuk mencegah terjadinya efek samping negatif yang bisa terjadi pada tubuh Anda seperti berikut ini:

  1. Mual dan iritasi pada sistem pernapasan

Bahan pengawet yang biasanya dipakai deterjen adalah formaldehide. Bahan ini sebenarnya adalah karsinogen yang terbukti berbahaya bagi kesehatan, seperti membuat Anda mual-mual dan mengganggu sistem pernapasan.

  1. Mengganggu reproduksi

Suka dengan harumnya deterjen? Hati-hati karena bibit pengharum dari deterjen, phthalates, ternyata bisa membuat kualitas sperma jadi lebih rendah, demikian pula dengan jumlahnya. Ini masih ditambah dengan masalah alergi dan asma.

  1. Resiko kanker

Bahan deterjen yang dipakai untuk mencerahkan pakaian sering mengandung bahan yang ternyata bisa meningkatkan resiko kanker kulit. Sebabnya karena bahan tersebut membuat kulit menjadi lebih mudah menyerap sinar ultraviolet matahari.

  1. Mengganggu kinerja organ tubuh

Selain itu, kombinasi antara bahan-bahan pemutih, pencerah, dan juga pengharum akan membuat organ-organ seperti paru-paru, hati, dan saraf mengalami gangguan pada kinerjanya.

4 alasan di atas adalah alasan kuat kenapa Anda wajib untuk mencari deterjen yang lebih ramah pada tubuh dan alam sekitar Anda. Terutama karena bagi lingkungan, deterjen bisa berdampak seperti berikut:

  • Bahan-bahan pada deterjen banyak yang terbuat dari bahan petrokimia yang tak bisa diperbaharui. Ini berarti untuk setiap pemakaian deterjen semacam ini oleh masyarakat, sumber daya alam tersebut semakin berkurang.
  • Air limbah bekas dari deterjen biasanya dibuang sembarangan ke sungai atau laut, padahal sisa deterjen tersebut tak bisa diurai. Akibatnya, air pun jadi tercemar.

Makanya, sangatlah penting bagi Anda untuk memilih deterjen ramah lingkungan yang sudah mulai meninggalkan banyak bahan berbahaya tersebut. Tidak hanya demi lingkungan sekitar, tapi juga kesehatan Anda. Salah satu merk yang patut direkomendasikan karena sudah memenuhi standar keamanan ini adalah Rinso. Dengan Rinso yang ramah lingkungan, Anda bisa membantu mengurangi pencemaran yang terjadi di bumi ini.

Leave a Reply