Jasa logistik
Jasa logistik

Terkadang memilih jasa logistik bukan merupakan hal yang mudah. Seperti yang sudah diketahui, salah satu manfaat memilih jasa logistik adalah memudahkan kita untuk mengirim barang dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Berkaitan dengan hal ini, ada banyak sekali variabel dan juga faktor yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih jasa pengiriman barang baik untuk perusahaan maupun diri Anda sendiri.

Apa saja pertimbangan sebelum memilih jasa logistik yang perlu diambil?

  • Tanggung jawab pengiriman

Pedoman yang jelas merupakan salah satu hal yang penting yang harus Anda perhatikan sebelum memilih sebuah perusahaan penyedia jasa logistik. Hal ini penting untuk dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama pengiriman seperti barang rusak, barang hilang dan lain sebagainya. Dalam hal ini, sebuah perusahaan penyedia jasa logistik haruslah mau untuk bertanggung jawab dengan masalah yang berpotensi muncul suatu hari nanti. Salah satu wujud tanggung jawabnya meliputi asuransi, pajak dan juga kewajiban.

  • Transportasi yang dipilih

Salah satu faktor penting dalam memilih jasa logistik adalah transportasi. Pastikan untuk mengetahui transportasi apa yang digunakan dalam pengiriman barang karena hal ini sangat berkaitan derat dengan biaya dan juga waktu. Hal ini amat sangat penting terutama jika barang yang akan Anda kirim ialah barang yang tidak tahan lama dan juga apabila waktu merupakan prioritas utama Anda.

  • Pelayanaan pelanggan atau customer service

Pelayanan pelanggan juga bisa menjadi poin plus ketika memilih sebuah perusahaan jasa pengiriman barang. Sebuah perusahaan penyedia jasa logistik Indonesia yang baik ialah yang mampu melayani pelanggannya dengan baik, baik berupa keluhan maupun pertanyaan. Kecepatan dalam menanggapi apa yang diminta dan ditanyakan pelanggan juga bisa menjadi pertimbangan.

  • Administrasi dan dokumentasi logistik

Administrasi dari dokumen-dokumen merupakan salah satu hal terpenting dari sebuah perusahaan penyedia jasa logistik. Dokumen-dokumen yang penting meliputi daftar pengemasan, faktur perdagangan, dan juga surat keterangan asli. Kualitas administrasi tentu tidak bisa diacuhkan begitu saja. Jika tidak dilakukan dengan benar, administrasi yang buruk bisa membuat barang Anda terdampar untuk beberapa hari, minggu bahkan bulan.

  • Biaya transportasi

Biaya pengiriman dan biaya transportasi biasanya dihitung berdasarkan berat dan pangkat tiga dari barang. Sebagai alternatif, per satu kontainer untuk satu beban muatan kontainer penuh. Utamanya, mengirimkan barang lebih dari satu dalam satu buah pengiriman tanpa kecuali akan menurunkan biaya keseluruhan per item atau kilo. Biaya-biaya lain yang harus dipertimbangkan mencakup  ongkos, administrasi, dan transportasi jalan.

  • Keamanan

Diatas itu semua, keamanan barang merupakan hal terpenting dalam memilih sebuah perusahaan penyedia jasa logistik. Memilih sebuah perusahaan logistik dengan reputasi yang baik merupakan langkah utama yang harus Anda lakukan terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda juga harus memastikan semua pihak memiliki asuransi menyeluruh

untuk melindungi kejadian yang terduga. Berdasarkan keperluan Anda, ada berbagai jenis elemen logistik yang bisa Anda pertimbangkan. Hal ini penting untuk menetapkan strategi yang jelas dengan perusahaan penyedia jasa pengiriman barang yang telah Anda pilih sebelum menaikkan ekspor atau impor barang.

Lebih singkatnya, sebuah perusahaan jasa logistic Indonesia dengan reputasi yang baik akan membantu Anda dalam mempertimbangkan moda transportasi mana yang paling sesuai dengan barang Anda seperti SERA Astra yang akan membantu akan dalam memilih moda transportasi yang paling efektif sekaligus memastikan semua dokumen ada pada tempatnya. Dan yang paling penting bahwa perusahaan tersebut mampu memastikan bahwa barang Anda sampai tepat waktu.