Kuliah DKV
Kuliah DKV

Kuliah DKV – Apa itu jurusan desain komunikasi visual? Pertanyaan itu pasti ada dalam benakmu ketika mendengar tentang jurusan tersebut. Banyak yang menyamakan desain komunikasi visual dengan desain grafis atau bidang desain lainnya. Anggapan itu tidak begitu saja benar.

Karena, adapun jurusan desain komunikasi ini tidaklah sama dengan jurusan desain grafis. Meski memiliki banyak persamaan dengan desain grafis, desain komunikasi visual juga memiliki banyak perbedaan. Biar kalian tidak penasaran, Mari simak informasi mengenai desain komunikasi visual berikut:

Jika Anda kuliah di Kuliah DKV atau Desain komunikasi visual Anda akan banyak sekali mendapatkan keuntungannya. Apa itu desain komunikasi visual atau yang bisa disingkat DKV? DKV merupakan salah satu cabang ilmu desain yang mempelajari tentang konsep komunikasi dan juga ungkapan kreatif, teknik serta media yang tentunya dengan cara memanfaatkan elemen-elemen visual atau pun rupa untuk menyampaikan pesan untuk sebuah tujuan tertentu.

Kuliah DKV
                                     Kuliah DKV

Tujuan tersebut bisa berupa memberikan informasi atau mempengaruhi pikiran orang lain. Sebagai sebuah ilmu, desain komunikasi visual tidak hanya berpegangan pada ilmu desain semata melainkan juga dengan beberapa cabang ilmu lainnya, seperti komunikasi, psikologi, dan seni rupa.

Apa saja yang kemudian dipelajari dalam Kuliah DKV ini? Ilmu dasar yang bakal dipelajari di desain komunikasi visual ialah dasar-dasar ilmu desain, seperti menggambar, tipografi, fotografi, ilustrasi, sejarah desain, dan lain sebagainya. Lalu, kalian juga akan mendapatkan beberapa pelajaran dari ilmu selain desain, seperti ilmu komunikasi dasar, psikologi komunikasi, bahasa rupa, dan lain sebagainya.

Biasanya, di jurusan desain komunikasi visual memiliki tiga pembidangan lagi, yakni komunikasi grafis, visual periklanan, dan komunikasi multimedia. Ketiga pembidangan ini akan menjadi pilihan pada semester 6 perkuliahan. Pada pembidangan komunikasi grafis, kalian akan mendapatkan mata kuliah pengkhususan, yakni desain grafis tingkat lanjut, grafis portofolio, perspektif desain grafis, dan lain sebagainya. Lantas, pada hal pembidangan visual tentang periklanan, maka mata kuliah khususnya adalah komunikasi visual periklanan tingkat lanjut, tata kelola bisnis periklanan, visual branding, dan juga lain sebagainya.