perkembangan bayi
perkembangan bayi

Bunda, kita sebagai orang tua tentunya memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung tumbuh kembang anak, bahkan dari sejak ia masih di dalam kandungan. Salah satu cara yang paling tepat adalah kita memberinya stimulasi yang tepat sesuai dengan usianya.

Kini ada Bidan Sela yang akan memberikan informasi mengenai cara stimulasi yang tepat bagi bayi sesuai dengan usianya. Namun kini kita akan membahas bagaimana caranya menstimulasi bayi yang berusia 6-12 bulan. Di usia tersebut bayi sudah mulai senang bereksplorasi dengan mainannya terutama yang berbunyi. 

Berikut ini ada beberapa permainan yang cocok untuk si kecil, diantaranya:

1. Bermain dengan bola

Selain dapat membuatnya senang, bermain bola juga dapat mengasah koordinasi gerak tangan dan kakinya lho bunda. Caranya cukup sederhana, bunda bisa melakukan lempar tangkap, bisa juga dengan menggelindingkan ke arah si kecil agar dapat ia tangkap. 

Image result for Jenis Permainan Untuk Melatih Perkembangan Bayi

2. Mainan balok-balok kayu

Selai bola, bunda juga bisa merangsang si kecil dengan bermain balok-balok kayu. Dengan bermain permainan ini, si kecil dapat belajar mengenai konsep bentuk, ukuran, berat dan ragam benda.

3. Mainan alat musik

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bayi berusia enam bulan sangat suka sekali dengan mainan yang mengandung bunyi-bunyian. Nah selain kerincingan, bunda juga bisa memberinya alat musik mainan untuk si kecil. Dengan mainan yang satu ini si kecil dapat belajar konsep sederhana sebab-akibat sederhana dari bunyi yang terdengar dari sumber bunyi tersebut.

4. Mainan puzzle

Mainan ini cocok untuk bayi usia 9-12 bulan. Semakin tinggi usia anak, sebaiknya bunda juga harus meningkatkan jenis permainan si kecil untuk menstimulasi motorik bayi agar lebih baik lagi. Diusia ini bayi sudah bebas bergerak, merangkak, dan mulai belajar berdiri dan berjalan. Selain menyenangkan permainan puzzle juga memiliki aneka warna sehingga sangat menarik mereka untuk memainkannya.

Itulah beberapa permainan yang dapat melatih perkembangan bayi sesuai dengan usianya. Semoga tips diatas dapat bermanfaat untuk bunda.