jurusan desain komunikasi visual di jakarta

Jurusan Desain Komunikasi Visual dengan jurusan Desain Grafis atau desain lainnya dekat memang dengan kegiatan menggambar dan mendesain. Namun jelas, keduanya adalah jurusan yang berbeda, untuk mengenal jurusan desain komunikasi visual di jakarta lebih spesifik sebaiknya Anda simak ulasan pada tulisan ini.

Tujuan mengetahui lebih dalam tentang jurusan DKV tentu saja dikarenakan beberapa kemungkinan. Kemungkinan pertama adalah Anda sedang berminat untuk sekolah dengan jurusan DKV. Dan kemungkinan kedua adalah Anda sedang mencari informasi untuk orang terkasih dan tersayang. Tulisan ini fokus dengan jurusan DKV pada salah satu sekolah ternama di Jakarta.

jurusan desain komunikasi visual di jakarta
Jurusan desain komunikasi visual di jakarta

Berikut Ini Tentang Jurusan Desain Komunikasi Visual

Jurusan Desain Komunikasi Visual mulai memiliki banyak peminat dalam dekade terakhir ini. Hal ini tentu saja karena perkembangan ilmu teknologi dan teknologi yang juga kian berkembang pesat. Dan adanya perubahan kecenderungan masyarakat yang lebih menyukai hal-hal yang berbau digital.

Pada dasarnya jurusan DKV adalah cabang dari ilmu desain yang memiliki tujuan untuk mempelajari konsep komunikasi. Dalam jurusan DKV ini selain mempelajari konsep komunikasi juga mempelajari teknik media dengan menggunakan elemen visual.

Misi dari jurusan DKV ini adalah menyampaikan amanat dengan tujuan tertentu. Misalnya visi mempengaruhi pikiran orang yang melihat hasil desain. Dan memberikan informasi kepada masyarakat melalui hasil desain. 

Pada prinsipnya jurusan DKV tidak hanya fokus pada satu bidang ilmu semata. Namun juga fokus pada keilmuan lainnya untuk mendukung suksesnya hasil desain. Bidang ilmu lainnya yang bekerjasama dengan jurusan DKV diantaranya ilmu komunikasi, psikologi, dan seni rupa.

Kurikulum Jurusan Desain Komunikasi Visual di Jakarta

Sekolah di Jakarta dengan jurusan DKV memiliki beberapa kurikulum yang akan diajarkan kepada para siswanya. Diantaranya adalah menggambar, tipografi, fotografi, ilustrasi, sejarah desain dan sebagainnya. Ilmu komunikasi dasar, psikologi komunikasi, bahasa rupa dan sebagainnya juga masuk ke dalam kurikulum jurusan DKV.

Ketika belajar pada jurusan DKV, terkadang sekolah mengkategorikan tiga bidang, yaitu bidang komunikasi multimedia, visual periklanan dan komunikasi grafis. Sekolah jurusan desain komunikasi visual di Jakarta membagi ketiga bidang keilmuan di atas dalam waktu 6 semester selama perkuliahan.

Pada bidang komunikasi multimedia memiliki mata kuliah khusus, diantaranya:

  • Media interaktif
  • Komunikasi visual media
  • Videografi dan sebagainya

Pada bidang visual periklanan memiliki beberapa mata kuliah khusus diantaranya:

  • Komunikasi visual tingkat lanjut
  • Tata kelola bisnis periklanan
  • Visual branding, dan sebagainya

Dan pada bidang komunikasi grafis memiliki beberapa program mata kuliah khusus, diantaranya:

  • Desain grafis tindak lanjut
  • Grafis portofolio
  • Perspektif desain grafis dan sebagainya.

Pada sekolah DKV di Jakarta ini juga memberikan mata kuliah pilihan untuk menunjang kebutuhan mahasiswa. Baik untuk menunjang penelitian tugas akhir maupun menunjang minat dan bakat mahasiswa.

Prospek Kerja

Memang sudah menjadi rahasia umum jika lulusan desain komunikasi visual memiliki prospek kerja lebih cerah. Tentu saja hal ini dikarenakan permintaan pasar terhadap mangsa digital yang lebih banyak. Berikut ini prospek bagi lulusan DKV:

  1. Art Director
  2. Graphic Designer
  3. Illustrator
  4. Creative Director
  5. Web Designer
  6. Visual Designer, dan
  7. Freelance Designer

Rekomendasi Perguruan Tinggi dengan Jurusan DKV 

Apabila Anda tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya, kami mempunyai rekomendasi sekolah jurusan Desain Komunikasi Visual di Jakarta yang sudah terpercaya. Yaitu di International Design School atau yang disingkat dengan IDS.