Cara Mengajari Anak Menulis
Cara Mengajari Anak Menulis

Ayah dan Bunda pastinya tidak pernah lelah mengajarkan hal-hal baru pada si kecil, salah satunya dengan mulai mengajarkan si kecil menulis. Ayah dan Bunda, ternyata kita bisa lho mengajari si kecil menulis sambil bermain. Tidak percaya? Untuk itu, Ayah dan Bunda harus mulai mencari tahu tentang cara mengajari anak menulis dengan menyenangkan.

Yang perlu selalu diingat oleh Ayah dan Bunda ketika mengajari si kecil belajar menulis adalah kesabaran. Karena si kecil harus melalui proses untuk memahami apa yang Ayah dan Bundanya ajarkan.

Tidak hanya itu, kalau bisa, Ayah dan Bunda memahami karakter anak. Tidak perlu terlalu memaksakan, ajari saja si kecil menulis secara bertahap. Nah, begini cara mengajari anak menulis dengan menyenangkan:

Cara Mengajari Anak Menulis
Cara Mengajari Anak Menulis
  • Mencoret-coret dengan Seru

Ayah dan Bunda mana yang tidak kesal kalau si kecil main coret-coret di sembarang tempat. Ayah dan Bunda tidak perlu marah-marah dulu, mungkin itu karena Ayah dan Bunda belum tahu cara mengajari anak menulis dengan menyenangkan. Daripada si kecil coret-coret di sembarang tempat, lebih baik Ayah dan Bunda berikan media yang tepat untuk si kecil. Bisa dengan kertas dan krayon, kapur tulis dengan papan tulis, bisa juga dengan menggunakan cat air dan kain kanvas. Percayalah, kegiatan mencoret-coret itu bisa merangsang kemampuan motorik halus anak untuk kemampuannya menulis.

  • Menulis dengan Bayangan

Menulis dengan bayangan itu adalah, Ayah dan Bunda mengajari si kecil menulis pada bayangan. Apalagi jika ditambah dengan menggunakan lagu atau permainan seru. Hal ini bertujuan untuk si kecil mengenal lebih dalam lagi tentang kegiatan menulis dengan cara menyenangkan.

  • Bermain dengan Playdough/Lilin

Untuk mainan anak-anak, Ayah dan bunda pasti sudah tidak asing dengan yang namanya lilin atau yang disebut juga dengan playdough. Mainan yang seperti adonan kue yang kalis ini bisa dijadikan media untuk mengajarkan anak menulis. Caranya, ajarkan si kecil membuat bentuk huruf atau angka yang sama dengan yang telah dicontohkan. Kegiatan ini juga bisa melatih jari-jari anak untuk kemampuannya menulis.

Dan jangan lupa, untuk mendampingi pertumbuhan si kecil, berikan makanan dan minuman yang sehat, berupa sayuran atau buah-buahan dan susu Dancow. Kandungan di dalam susu Dancow membantu si kecil tumbuh dengan baik karena memiliki kandungan berupa Omega 3 dan 6 ditambah dengan minyak ikan yang membantu si kecil dalam proses belajar. Tunggu apa lagi, segera ajak si kecil berlajar sambil bermain bersama susu Dancow. Pasti lebih seru!