Mencari coworking space Jakarta Selatan memang tidak selamanya mudah. Apalagi dengan semakin menjamurnya coworking space baru, tak mengherankan apabila banyak milenial yang ingin menggunakan jasa coworking space merasa bingung. Terlebih lagi, nyaris semua menggunakan hal yang sama di kanal iklan mereka. Lalu bagaimana menyiasatinya?

Perkembangan coworking space yang kian hari kian subur ini tak bisa dilepaskan dari budaya startup yang berkembang di negara kita. Karena tidak semua pemilik startup langsung serta merta mampu menyewa gedung atau bahkan membeli gedung sendiri, maka alternatif termudahnya adalah dengan menyewa tempat di ruang kerja bersama ini.

Tak hanya CEO startup, banyak orang dari latar belakang pekerjaan lain yang kini juga memilih berkantor di coworking space daripada harus di komplek perkantoran konvensional yang sangat kaku dan jauh dari sifat-sifat milenial yang umumnya mengharapkan suasana yang santai tanpa sekat-sekat kaku khas kantor zaman dahulu.

Nah, sebelum memutuskan untuk memilih coworking space Jakarta Selatan, sebaiknya ikuti dulu tips sederhana namun sangat membantu ini:

Pertama, perhatikan fasilitas apa yang ditawarkan dan sesuaikan dengan fasilitas apa yang paling Anda butuhkan. Setiap coworking space tentu menawarkan fasilitas yang bermacam-macam dan berbeda satu sama lain. Oleh karena itu, Anda dan tim Anda perlu mengecek secara detail setiap kali ingin melakukan reservasi tempat di ruang kerja bersama ini.

Beberapa fasilitas yang umumnya ditawarkan adalah: internet berkecepatan super, fasilitas cetak dan fotokopi dokumen, peralatan presentasi, ruang seminar, maupun akses ke pantry. Apabila ada persyaratan khusus yang dibutuhkan oleh Anda dan tim Anda, segera cari tahu apakah pihak pengelola ruang kerja bersama tersebut mampu menyediakannya. Jangan sampai menyesal setelah memesan!

Kedua, seberapa strategis letak coworking space pilihan Anda. Mengapa lokasi menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan?

Bayangkan apabila Anda dan tim Anda, atau bahkan klien dan konsumen Anda harus berputar-putar dan membutuhkan waktu lama untuk menemukan dimana letak coworking space yang dimaksud, berapa banyak waktu yang akan terbuang sia-sia? Padahal sejatinya, semua pengguna coworking space pasti memiliki ekspektasi untuk bekerja lebih produktif berkat ruang kerja bersama.

Terkait dengan klien dan konsumen, pemilihan lokasi coworking space yang salah dapat memengaruhi citra profesionalitas Anda. Apabila klien Anda sulit mencari lokasi Anda, bisa jadi Anda akan mendapat label kurang professional karena letaknya yang menyulitkan. Ini adalah salah satu scenario terburuk yang pasti ingin dihindari  oleh semua orang, bukan?

Karena itu, sangat penting untuk memerhatikan seberapa strategis coworking space pilihan Anda. Apabila tidak semua tim Anda memiliki kendaraan pribadi, pastikan apakah letaknya cukup mudah dijangkau oleh transportasi umum? Dan segala faktor terkait lokasi hendaknya dipertimbangkan secara matang.

Ketiga, tidak lain dan tidak bukan adalah harga. Ya, harga bisa menjadi faktor yang dilematis dalam menentukan coworking space. Apabila Anda mengharapkan ruang kerja bersama dengan fasilitas super lengkap dan lokasi sangat strategis, tak mengherankan apabila mereka membanderol mahal harga sewa mereka.

Namun tentu Anda juga tidak akan serta-merta memilih yang murah dengan mengorbankan kualitas, bukan?

Solusinya, tentukan terlebih dahulu berapa budget yang sanggup Anda bayar. Apabila Anda berniat menyewa dalam jangka waktu Panjang, umumnya ada diskon atau potongan harga yang cukup menggiurkan, dan tentunya dapat memangkas budget Anda.

Selain itu, pastikan juga Anda paham akan biaya-biaya lain yang mungkin muncul, seperti: biaya sewa ruang rapat, kelebihan waktu menyewa dll. Antisipasi hal ini dengan baik.

Dengan tiga tips utama memilih coworking space Jakarta Selatan tadi, semoga tak ada lagi drama terkait menyewa ruang kerja bersama, ya!