Universitas Jurusan DKV
Universitas Jurusan DKV

DKV atau Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu jurusan yang memiliki peminat tinggi di zaman milenial ini. Hal tersebut tidak mengherankan karena jurusan DKV memang sesuai dengan perkembangan teknologi yang serba digital. Beberapa program studi yang biasanya ada di jurusan DKV yaitu komunikasi grafis, komunikasi visual periklanan, serta komunikasi multimedia. Dengan berbagai program studi yang tersedia tersebut, prospek kerja dari lulusan universitas jurusan DKV sangat luas. Dari banyaknya profesi yang mungkin bisa ditekuni lulusan DKV, berikut ini ada 6 profesi yang paling menarik dan diminati generasi milenial :

Photographer

Photographer sepertinya bukan profesi yang asing lagi bagi para kaum milenial. Profesi ini mudah ditemukan mulai dari yang masih amatir hingga fotografer profesional. Cukup banyak bidang bisnis yang membutuhkan fotografer sehingga menjadi peluang yang cukup baik untuk Anda yang hobi fotografi. Banyaknya perusahaan di bidang media juga membuat profesi fotografer mudah didapatkan. Bahkan Anda bisa menjual foto hasil karya Anda di website khusus seperti Pixabay atau Pexels.

Art Director

Profesi selanjutnya yang bisa dimasuki oleh lulusan Desain Komunikasi Visual adalah Art Director. Seorang Art Director biasanya membawahi beberapa bidang sekaligus. Profesi ini kebanyakan bekerja pada bidang periklanan, pertelevisian, serta industri kreatif lainnya. Tugas dari seorang Art Director yaitu mengarahkan tim yang terdiri atas penulis, desainer grafis, fashion stylist, videographer, dan lain-lain yang berhubungan dengan sebuah iklan, program, atau strategi pemasaran.

universitas jurusan DKV

Illustrator

Profesi menarik dari lulusan DKV selanjutnya yaitu illustrator. Tugas dari seorang illustrator yaitu menyampaikan sebuah pesan dalam bentuk gambar. Anda bisa melihat hasil kerja dari seorang illustrator pada cover novel, poster, majalah, ataupun iklan. Dalam membuat sebuah ilustrasi, seorang illustrator menggunakan alat yang beragam yaitu seperti pulpen, pensil, spidol, dan lain sebagainya. Tidak semua illustrator bekerja pada perusahaan, banyak juga yang bekerja secara independen atau freelance. Jadi Anda bisa mengerjakan proyek kapan saja dan dimana saja tanpa terikat oleh satu perusahaan.

Game Designer

Anda pasti pernah kan bermain game? Dalam pembuatannya, sebuah game tidak hanya ditangani oleh seorang programmer saja. Lulusan Desain dan Komunikasi Visual bertugas untuk merancang animasi, entah itu animasi 2 dimensi atau animasi 3 dimensi. Game designer merancang berbagai hal mulai dari latar tempat, karakter, pakaian, senjata, dan lain sebagainya.

Animator

Animator merupakan profesi yang cukup menarik bagi Anda yang hobi menggambar. Tugas dari seorang animator yaitu menciptakan gambar yang membentuk ilusi pergerakan saat ditayangkan dalam sebuah frame. Animator adalah seniman yang berada di balik film-film terkenal dengan efek CGI atau Computer Generated Imagery yang terlihat nyata saat ditayangkan. Bidang kerja seorang animator diantaranya yaitu televisi, film, internet, atau video game.

Komikus

Selain animator, Anda yang hobi gambar juga bisa masuk ke jurusan DKV dan bekerja sebagai komikus. Tidak hanya hobi menggambar saja, seorang komikus juga dituntut untuk bisa menciptakan ide cerita yang menarik. Komikus atau pembuat komik saat ini merupakan prospek kerja yang bagus karena ada banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk menyalurkan nya. Dari platform tersebut Anda juga bisa mendapatkan uang.

Itulah 6 profesi menarik yang bisa dimasuki oleh lulusan universitas jurusan DKV. Jika berminat dengan salah satu profesi tersebut, Anda bisa mendaftar di IDS. IDS atau International Design School merupakan sebuah institusi pendidikan di bidang visual communication dan juga digital & technology. Dengan fasilitas penunjang yang lengkap dan tenaga pendidik yang kompeten, IDS berkomitmen membantu meningkatkan kompetensi sebagai persiapan bekerja di industri visual communication.