Mainan Anak Edukatif
Mainan Anak Edukatif

Bermain merupakan ciri khas anak-anak yang tidak dapat ditinggalkan. Mengajak mereka belajar di usia dini akan merampas hak mereka untuk melakukannya. Oleh karena itu, mainan anak edukatif yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak banyak ditawarkan. Sebuah mainan yang memberikan solusi pengembangan kecerdasan secara tidak langsung.

Namun, namanya penjual ada saja yang memanfaatkan kondisi. Produk yang pada dasarnya biasa saja, dijual mahal dengan membuat pernyataan mainan anak edukatif. Di sisi lain, ada mainan yang sederhana tetapi sebenarnya bagus  dan cocok untuk perkembangan anak.

Mainan Anak Edukatif
Mainan Anak Edukatif

source: https://media.suara.com/pictures/480×260/2018/02/16/18519-mainan-edukatif-elc.jpg

Agar Anda lebih teliti memilih untuk buah hati, perhatikan bahwa mainan anak edukatif mempunyai ciri sebagai berikut.

1. Khusus Dibuat Untuk Anak

Mainan yang mendidikan bukanlah produk yang sebenarnya untuk orang dewasa tetapi dimainkan oleh anak, seperti gawai.

Apalagi jiwa anak balita penuh dengan rasa ingin tahu. Meraka tidak perlu perlengkapan mahal yang berteknologi tinggi, cukup hal-hal yang membuat mereka senang.

2. Berguna untuk Tumbuh Kembang Anak

Mainan harus dapat merangsang berbagai aspek tumbuh kembang anak.

Contoh mainan yang sederhana adalah bola berbagai ukuran. Bola ini dapat melatih kemampuan tangan untuk memegang dan melempar. Selain itu, jika bola dimainkan bersama teman-teman maka akan meningkatkan kecerdasan sosialnya.

3. Multifungsi

Mainan dapat multifungsi, dimainkan sesuai dengan keinginan anak.

Mainan balok dapat disusun membentuk sesuatu yang berebda-berbeda-beda. Dapat pula dijadikan rumah-rumahan saat anak bermain boneka. Di sisi lain, balon dapat digunakan untuk main tebak warna.

4. Aman

Mainan untuk anak sebaiknya memang aman. Bahannya tidak mudah pecah, ukurannya cukup besar, dan tidak mengandung racun. Di usia tertentu anak sering kali memasukkan barang yang ditemukannya ke dalam mulut.

5. Mendorong Kreativitas

Terakhir, mainan yang mendidik haruslah merangsang kreativitas. Ini erat kaitannya dengan pembahasan nomor 3. Anak dapat menggunakannya untuk berbagai hal dalam permainannya.

Itulah sedikit informasi dan penjelasan tentang mainan yang terbaik untuk anak. Sebuah sarana mengoptimalkan tumbuh kembang, selain memberinya nutrisi dari Nestle dan kasih sayang sebanyak mungkin. Semoga bermanfaat!